Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
My name is Jesi Puspika Sari

Minggu, 02 Juni 2013

Cara Membuat ListView Penjualan Barang

Cara Membuat ListView Penjualan Barang
Langka Pertama
Desainlah Form Seperti  gambar dibawah ini

Listing Program
Public Class Form1
    Sub BuatTabel()
        Lv.Columns.Add("Nopem", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("Kdbrg", 180, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.Columns.Add("Nbrg", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("merk", 180, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.Columns.Add("hrg", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("jlhbrg", 180, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.Columns.Add("Totalharga", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.View = View.Details
        Lv.GridLines = True
        Lv.FullRowSelect = True

    End Sub

    Sub IsiTabel()
        Dim lst As New ListViewItem
        Lv.GridLines = True
        Lv.View = View.Details
        Lv.FullRowSelect = True
        Lv.Columns.Add("Nopem")
        Lv.Columns.Add("Kdbrg")
        Lv.Columns.Add("Nbrg")
        Lv.Columns.Add("merk")
        Lv.Columns.Add("hrg")
        Lv.Columns.Add("jlhbrg")
        Lv.Columns.Add("Totalharga")
    End Sub


    Private Sub Kdbrg_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Kdbrg.SelectedIndexChanged
        Dim x2 As String
        Dim x As String
        x = Microsoft.VisualBasic.Left(Kdbrg.Text, 2)
        Select Case x
            Case "TS" : merk.Text = "Toshiba"
            Case "VG" : merk.Text = "V-gen"

        End Select
        x2 = Microsoft.VisualBasic.Right(Kdbrg.Text, 3)
        Select Case x2
            Case "001" : Nbrg.Text = "flashdisk 4gb"
            Case "002" : Nbrg.Text = "flashdisk 2gb"

        End Select
        If x = "TS" And x2 = "001" Then
            hrg.Text = 105000
        ElseIf x = "ts" And x2 = "002" Then
            hrg.Text = 75000
        ElseIf x = "VG" And x2 = "001" Then
            hrg.Text = 90000
        ElseIf x = "vg" And x2 = "002" Then
            hrg.Text = 60000

        End If

    End Sub

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        BuatTabel()
        Kdbrg.Items.Add("TS001")
        Kdbrg.Items.Add("TS002")
        Kdbrg.Items.Add("VG001")
        Kdbrg.Items.Add("VG002")

    End Sub

    Private Sub Btnproses_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs)
    End Sub

    Private Sub Btnkeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnkeluar.Click
        End
    End Sub

    Private Sub ListView1_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Lv.SelectedIndexChanged

    End Sub

    Private Sub Btnsimpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnsimpan.Click
        Dim lst As New ListViewItem
        lst.Text = Nopem.Text
        lst.SubItems.Add(Nopem.Text)
        lst.SubItems.Add(Kdbrg.Text)
        lst.SubItems.Add(Nbrg.Text)
        lst.SubItems.Add(merk.Text)
        lst.SubItems.Add(hrg.Text)
        lst.SubItems.Add(Jlhbrg.Text)
        lst.SubItems.Add(Totalharga.Text)
        Lv.Items.Add(lst)
    End Sub
        lst.Text = Nopem.Text
    Private Sub Btnproses_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnproses.Click
        Totalharga.Text = hrg.Text * Jlhbrg.Text
    End Sub
End Class
Hasil Akhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar