Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
My name is Jesi Puspika Sari

Selasa, 21 Mei 2013

Penggunaan Listview Pada Vb Net 2008


Penggunaaan ListView pada Vb.Net

Desain Dahulu seperti gambar disamping :----------->

Maukkan Programnya   :
Public Class Form1

    Sub BuatTabel()
        Lv.Columns.Add("NIK", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("NAMA", 180, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.Columns.Add("JABATAN", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("GAJI", 180, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.Columns.Add("STATUS", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("TUNJ KELUARGA", 180, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.Columns.Add("PAJAK", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.Columns.Add("TOTAL GAJI", 180, HorizontalAlignment.Left)
        Lv.View = View.Details
        Lv.GridLines = True
        Lv.FullRowSelect = True

    End Sub

    Sub IsiTabel()
        Dim lst As New ListViewItem
        Lv.GridLines = True
        Lv.View = View.Details
        Lv.FullRowSelect = True
        Lv.Columns.Add("NIK")
        Lv.Columns.Add("NAMA")
        Lv.Columns.Add("JABATAN")
        Lv.Columns.Add("GAJI")
        Lv.Columns.Add("STATUS")
        Lv.Columns.Add("TUNJ KELUARGA")
        Lv.Columns.Add("PAJAK")
        Lv.Columns.Add("TOTAL GAJI")
    End Sub


    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        BuatTabel()
        NIK.Items.Add("001")
        NIK.Items.Add("002")
        NIK.Items.Add("003")
        JABATAN.Items.Add("MANDOR")
        JABATAN.Items.Add("KEPALA BAGIAN")
        JABATAN.Items.Add("STAFF")
        STATUS.Items.Add("MENIKAH")
        STATUS.Items.Add("TIDAK MENIKAH")
    End Sub

    Private Sub JABATAN_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles JABATAN.SelectedIndexChanged
        Select Case JABATAN.Text
            Case "MANDOR" : GAJI.Text = 1750000
            Case "KEPALA BAGIAN" : GAJI.Text = 2500000
            Case " STAFF" : GAJI.Text = 1250000
        End Select
        PAJAK.Text = 0.15 * GAJI.Text
    End Sub

    Private Sub NIK_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles NIK.SelectedIndexChanged
        Select Case NIK.Text
            Case "001" : NAMA.Text = "ONCOM"
            Case "002" : NAMA.Text = "UDIN"
            Case "003" : NAMA.Text = "UJANG"
        End Select
    End Sub

    Private Sub STATUS_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles STATUS.SelectedIndexChanged
        Select Case STATUS.Text
            Case "MENIKAH" : TUNKEL.Text = 0.15 * GAJI.Text
            Case "TIDAK MENIKAH" : TUNKEL.Text = 0
        End Select
    End Sub

    Private Sub BTNPROSES_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BTNPROSES.Click
        TOTAL.Text = Val(GAJI.Text) + Val(TUNKEL.Text) - Val(PAJAK.Text)
    End Sub

    Private Sub BTNBARU_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BTNBARU.Click
        NIK.Text = ""
        NAMA.Text = ""
        JABATAN.Text = ""
        GAJI.Text = ""
        STATUS.Text = ""
        TUNKEL.Text = ""
        PAJAK.Text = ""
        TOTAL.Text = ""
    End Sub

    Private Sub BTNKELUAR_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BTNKELUAR.Click
        End
    End Sub

    Private Sub Lv_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Lv.SelectedIndexChanged

    End Sub

    Private Sub Btnmasuk_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Btnmasuk.Click
        Dim lst As New ListViewItem
        lst.Text = NIK.Text
        lst.SubItems.Add(NAMA.Text)
        lst.SubItems.Add(JABATAN.Text)
        lst.SubItems.Add(GAJI.Text)
        lst.SubItems.Add(STATUS.Text)
        lst.SubItems.Add(TUNKEL.Text)
        lst.SubItems.Add(PAJAK.Text)
        lst.SubItems.Add(TOTAL.Text)
        Lv.Items.Add(lst)
    End Sub
End Class


Jika dijalankan Programnya Maka Tampilannya akan menjadi seperti ini :
Untuk Memasukkan data yang didalam tabel , tekan tombol Masuk dibawah Bagian Tabel Listviewhttp://mesran.blogspot.com/2013/05/tugas-ti-m1118.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar