Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
My name is Jesi Puspika Sari

Rabu, 03 April 2013

  CARA  BELAJAR VB DI MS. EXCEL
MEMBUAT BERKAS YANG MEMILIKI MACRO PADA EXCEL 2007
Karena menggunakan Excel 2007 maka berkas Excel yang kita buat haruslah menggunakan extensi “.xslm”. Sekarang mari kita membuat sebuah berkas baru Excel, berkas tersebut masih dalam format “.xslx”.
Buka berkas tersebut, kemudian simpan sebagai (save as) “fungsi sendiri.xslm”.
Maka kita telah membuat sebuah berkas Excel 2007 yang dapat menggunakan macro (macro enabled). Lalu kita atur keamanan dan privasi Excel kita pada  Macro Settings dan Trusted Location (lokasi terpercaya tempat kita menyimpan berkas-berkas excel ber-macro), sehingga macro yang telah kita buat dapat bekerja. Kedua pengaturan tersebut terdapat pada Excel Option-Trust Center-Trust_Center Settings.
Pada pengaturan Macro, pilih “Disabled All Macro Except Digitally Signed Macros” (pilihan ke 3) atau “Enabled All Macro” (pilihan ke 4), penulis menyarankan pilihan ke-4 bagi pemula.
Kemudian kita atur juga lokasi folder yang terpercaya (Trusted Location), di komputer penulis terletak di “E:\VBA\”. Jangan lupa untuk mencentang pilihan “Subfolder of this location also trusted” agar subfolder dari folder ini juga dipercaya.
MEMBUAT FUNGSI MERUBAH ANGKA KE KATA UNTUK ANGKA TUNGGAL
Untuk membuat fungsi sendiri, maka kita perlu membuat prosedur fungsi (function procedure) VBA pada module di Visual Basic Editor.
Sekarang kita telah membuat sebuah fungsi bernama “angka_ke_kata” yang akan menghasilkan sebuah kata (tipe data string) dengan argumen sebuah angka (tipe data double).  Tipe data string diperuntukkan untuk teks, sedangkan tipe data double diperuntukkan untuk bilangan asli dan pecahan.
Function angka_ke_kata(angka As Double) As String
Dalam fungsi ini pertama kita akan menyiapkan array yang berisi teks yang berassosiasi dengan bilangan yang dimaksud. Array itu kita beri nama “kata_angka”, berukuran 10, yang beranggotakan kata untuk bilangan dari nol sampai sembilan.
Dim kata_angka(10) As String
kata_angka(0) = "nol"
kata_angka(1) = "satu"
kata_angka(2) = "dua"
kata_angka(3) = "tiga"
kata_angka(4) = "empat"
kata_angka(5) = "lima"
kata_angka(6) = "enam"
kata_angka(7) = "tujuh"
kata_angka(8) = "delapan"
kata_angka(9) = "sembilan"
Berdasarkan array ini kita sudah dapat membuat sebuah fungsi yang merubah angka tunggal menjadi kata. Kita cukup menambahkan kode VBA yang mengembalikan kata yang sesuai dengan argumen “angka” ketika fungsi “kata_ke_angka” dipanggil.
angka_ke_kata = kata_angka(angka)
Sekarang kita kembali ke “sheet1” pada workbook Excel untuk mencoba fungsi yang telah dibuat. Isikan angka pada sel “A1” kemudian pada sel “A2” masukkan fungsi excel “angka_ke_kata”. Fungsi ini terletak pada pilihan fungsi “user defined”.


support.microsoft.com/kb/829070/id-id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar